Sailor Moon memuat sekelompok remaja puteri yang memiliki kemampuan masing-masing untuk memberantas kejahatan
Doraemon berkisah tentang Nobita yang didatangi robot kucing bernama Doraemon. Kartun ini masih eksis sampai sekarang
Dalam kartun Digimon Adventure, kamu akan melihat sekelompok anak yang melakukan petualangan di dunia Digimon
Liputan6.com, Jakarta Siapapun yang pernah menjadi anak-anak generasi era 1990-an tentu sangat tidak asing dengan manga dan serial anime Dragon Ball. Kisah anime bernuansa fantasi yang tak lagi dipegang Indosiar itu, kini malah mendapat teguran dari KPI saat berpindah ke stasiun lain.
Teguran tersebut memang telah dilayangkan sejak September 2015 lalu. Melalui situs resminya, Komisioner KPI, Sujarwanto Rahmat Arifin meminta stasiun TV yang tengah menayangkan Dragon Ball untuk mengurangi unsur kekerasan dalam anime yang sudah disulih suara itu. Akan tetapi, ia tak menjelaskan secara rinci dan ilmiah mengenai kaitan Dragon Ball dengan perilaku kekerasan anak.
Setelah teguran dilayangkan, pihak stasiun televisi berterimakasih kepada KPI karena telah mengingatkan mereka. Alhasil, baru-baru ini stasiun televisi tersebut menayangkan anime Naruto di jadwal yang sama sebagai pengganti Dragon Ball.
Fans Dragon Ball yang juga generasi anak-anak di era 1990-an pun langsung berkomentar pedas di media sosial, termasuk akun Facebook KPI. Salah satunya mengungkapkan keheranannya karena Dragon Ball yang pertama kali tayang di Indosiar pada 1996, baru ditegur hampir 20 tahun kemudian.
Beberapa negara lain juga telah lama menayangkan anime Dragon Ball. Bahkan tak sedikit yang terinspirasi secara positif berkat kisah dari manga karangan Akira Toriyama ini.
Berdasarkan pantauan penulis, banyak fans Dragon Ball di Indonesia yang menikmati animenya di masa kecil pada 1990-an, justru tidak terpengaruh dengan kekerasan di dalamnya. Setelah dewasa pun, hampir semua fans Dragon Ball di Indonesia menjadi pekerja keras dan justru berperilaku ramah.
Salah satu meme dari fans mancanegara, memberikan gambaran akurat mengenai hikmah yang bisa dipetik dari anime dan manga Dragon Ball. Uraian tersebut bisa dilihat melalui gambar di bawah ini.
Memang segala sesuatunya ada baiknya dan ada buruknya. Namun jika satu hal itu tak menimbulkan efek negatif berkepanjangan, kenapa pula harus disembunyikan. Terutama dengan anime Dragon Ball yang telah diakui di seluruh dunia sebagai salah satu hiburan paling dikenang.
Dalam kisah Dragon Ball sendiri Son Goku selaku tokoh utamanya digambarkan sebagai anak laki-laki (kemudian menjadi pria dewasa) yang pantang menyerah dalam berjuang. Bahkan, unsur kekeluargaan sangat kental di kisah satu ini.
Memang kontroversi terkait Dragon Ball juga sempat menyeruak di Amerika Serikat. Salah satu sekolah umum di Maryland menarik manga Dragon Ball dari pustakanya. Alasan yang digunakan adalah banyaknya 'konten seksual', termasuk adegan yang melibatkan 'ketelanjangan, kontak seksual antar anak-anak, serta sindiran seksual antara orang dewasa dan anak-anak'. Pada kenyataannya unsur-unsur tersebut hanya ada di awal cerita.
Pertama kali, Dragon Ball diterbitkan di Jepang pada 1984 dalam bentuk manga yang dimuat di majalah Weekly Shounen Jump oleh Akira Toriyama. Volume pertama manga Dragon Ball diterbitkan di Jepang oleh Shueisha dengan jumlah 42 volume. (Rul/Ade)
Generasi 90-an pasti mengalami waktu dimana setiap hari Minggu selalu menonton kartun hingga siang hari. Ada banyak kartun-kartun yang ditayangkan di TV untuk menemani hari libur dimasa kecil.
Buat kamu yang rindu dengan kartun-kartun generasi 90-an, kamu bisa menyimak beberapa kartun di bawah ini. Dulu, kartun-kartun tersebut tayang mulai pukul 5 pagi sampai 2 siang.
Tom and Jerry menjadi kartun favorit banyak anak. Kartun ini bercerita tentang usaha kucing Tom dalam menangkap tikus Jerry
Dragon Ball menghadirkan Son Goku bersama teman-temannya yang berusaha mencari 7 bola naga
Hachi merupakan kartun yang mengisahkan kisah haru dimana tokoh Hachi bertualang untuk mencari ibunya
Bercerita tentang beruang kuning bernama Pooh yang tinggal di sebuah pohon, Winnie the Pooh menjadi kartun yang ditunggu anak-anak
Buat anak generasi 90-an pasti tahu kartun-kartun di atas. Nah, bagaimana? Bikin nostalgia abis, kan? Buat kamu yang rindu dengan kartun-kartun di atas, kamu bisa menontonnya lagi. Tentunya petualangan-petualangan dari para tokoh sangat asyik dan bikin penasaran.
Baca Juga: 5 Kartun Jadul dengan Cerita Unik, Anak 2000-an Pasti Tahu
IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Belakangan ini, dalam kehidupan sehari-hari, kerap terdengar istilah Generasi Milenial dan Generasi Kolonial. Meski tak terlalu paham artinya dan asal usulnya namun nyatanya istilah tersebut sudah diterima dan digunakan masyarakat pada umumnya. Memperhatikan pekembangannya dalam masyarakat, Istilah ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi informasi yang kian pesat dan cepat berkembang.
Seperti kita ketahui, kebanyakan orang sedang demam gadget. Ada suatu kisah tentang seorang atasan yang sudah cukup senior yang merasa kecewa dan kesal, karena sering kali memergoki salah satu karyawannya selalu sibuk dengan gadget nya. Atasanpun menegur dan karyawannya menjelaskan bahwa aplikasi di gadget justru membantu pekerjaannya. Setelah mendengarkan penjelasan Karyawannya yang tenang dan percaya diri tentang aplikasi pada gadgetnya, Atasan tersebut menyadari bahwa selama ini dirinya telah tertinggal banyak mengenai perkembangan teknologi informasi yang telah berkembang dengan begitu cepat. Dari sini juga kita bisa melihat ada generation gap atau celah generasi yang disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi. Sebagaimana oleh Badan Pusat Statistik (BPS) populasi Indonesia saat ini dikelompokan dalam 6 (enam) generasi yaitu Post Generasi Z (Post Gen Z), Generasi Z (Gen Z), Milenial, Generasi X (Gen X), Baby Boomer, dan Pre-Boomer.
Post Gen Z adalah generasi yang lahir pada 2013 dan seterusnya. Adapun Gen Z, merupakan generasi yang lahir pada 1997-2012. Mereka sekarang berusia 8-23 tahun. Sedangkan Milenial yaitu generasi yang lahir pada 1981-1996 (saat ini berusia 24-39 tahun). Selanjutnya Gen X adalah generasi yang lahir pada 1965-1980 (sekarang berusia 40-55 tahun). Kemudian Baby Boomer, yaitu generasi yang saat ini berusia 56-74 tahun (lahir 1946-1964). Lalu terakhir adalah Pre-Boomer merupakan generasi yang lahir sebelum 1945. Berarti usia mereka saat ini 75 tahun ke atas.
Berdasarkan pengelompokan tersebut, Atasan dalam kasus tadi adalah generasi Baby Boomer sedang si karyawan adalah generasi Milenial. Generasi Baby Boomers, atau umumnya manusia pada tahun ini tumbuh seusai peperangan, dimana karakteristik utamanya adalah memegang prinsip dan adat istiadat sehingga dikenal konservatif alias mempertahankan kebiasaan atau dengan kata lain “kolot” atau “kampungan”. Semua pekerjaan dan kompetensinya dikuasai melalui proses yang panjang dan dianggap sebagai suatu “sumber kekuatan” atau “source of power” dan hal ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk membuat generasi ini merubah kebiasaannya seperti halnya yang dilakukan oleh generasi di bawahnya. Sedangkan Generasi Milenial merupakan sebuah generasi yang hidup di zaman yang sedang berubah dari konvensional menjadi modern. Generasi ini cukup beruntung karena masih cukup kental merasakan budaya dan di saat bertumbuh dewasa mereka mulai menggunakan teknologi. Generasi ini merupakan generasi yang mempunyai intelegensi digital yang tinggi dan senang berkolaborasi melalui media sosial dan internet. Tentu saja kesenjangan ini tidak boleh diacuhkan karena bagaimanapun masa depan adalah milik Generasi Milenial.
Pengelompokan populasi tidak menutup kesempatan untuk terus belajar. Generasi Baby Boomer atau seringkali disebut Generasi Kolonial dalam kehidupan sehari-hari harus mau dan mulai giat mencari tahu dan belajar tentang perkembangan teknologi informasi. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk kemudahan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dan memberikan manfaat untuk organisasi yang harus maju dan mengikuti perkembangan zaman.
Berbagi pengetahuan dan kolaborasi adalah kunci. Salah satunya dengan Knowledge Management. Knowledge Management atau Manajemen Pengetahuan yang mulai diperkenalkan pada tahun 1990-an merupakan suatu rangkaian alat, strategi dan metode untuk mempertahankan, menganalisa, mengorganisir, membagikan dan juga meningkatkan informasi yang terdapat di dalam suatu perusahaan dan diharapkan dengan adanya teknologi Knowledge Management yang digunakan ini harus mampu mengatasi gap antar generasi seperti yang terjadi pada ilustrasi di atas. Pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak milik Generasi Kolonial merupakan sebuah modal dalam bekerja, ditambah dengan pengetahuan dan kemampuan teknologi informasi atau digitalisasi segala pekerjaan yang dapat dieksekusi oleh Generasi Milenial dapat memudahkan segalanya. Intinya, bagaimanapun kita harus bisa mengatasi gap antar generasi tersebut dengan baik. Termasuk saling berdiskusi, mendukung dan mengajarkan untuk maju Bersama-sama. Tidak ada alasan untuk Baby Boomer atau Generasi Kolonial untuk tidak menyesuaikan diri, kecuali legowo untuk ditinggalkan.
Baby Boomer juga harus Milenial. Hal ini sangat penting untuk memastikan terjadinya perubahan estafet dari generasi ke generasi secara mulus dan positif terhadap perkembangan di organisasi kita.
Penulis: Rahmad Basuki, KPKNL Pontianak
Judi online semakin hari semakin berkembang dan kian meresahkan. Terbaru, banyak pelajar yang sudah ikut-ikutan main judi online dengan uang saku sekolah mereka. “Keadaan sudah berbahaya. Bagi sebagian orang, judi online menjadi cara untuk meraup kekayaan secara instan. Tapi sebenarnya, ada banyak bahaya yang timbul ketika seseorang ketagihan judi online. Terutama para pelajar,” jelas Dwi Agus Prayitno, ketua DPRD Ponorogo saat memberi sambutan dihadapan para generasi muda di acara Gema Sholawat IPNU-IPPNU di rumah rekan Reno Bagus di Jl. Batoro Katong Ponorogo, Jumat (06/12/2024). Sebenarnya kata ketua DPRD dari PKB ini, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk memberantas judi online. Mulai dari memblokir aplikasi dan situs web judi online, khususnya slot hingga memblokir rekening. Selain itu, pemerintah juga telah melakukan pemanggilan dan penangkapan kepada para influencer atau selebriti yang terbukti mempromosikan situs judi online. “Makanya penting bagi generasi muda untuk lebih taat dalam beragama sebagai benteng supaya tidak terpengaruh judi online,” pintanya. Judi online saat ini tengah menjadi perhatian serius di Indonesia. Apalagi, judi online membawa dampak buruk bagi masyarakat dan generasi muda penerus bangsa. Sebab, judi online menyebabkan kecanduan bahkan bisa memicu terjadinya tindakan kriminal. “Ada banyak sekali bahaya ketagihan judi online yang bisa ditimbulkan, baik dari segi psikolog maupun sosial. Mulai dari kerugian finansial. Orang yang kecanduan judi online sering menghabiskan uang dalam jumlah besar karena berlangsung terus menerus. “Mereka berani terus mengeluarkan uang, bahkan jika mereka mengalami kerugian beruntun, dengan harapan bahwa mereka akan mendapatkan kemenangan besar. Akibatnya, para pemain judi online akan mengalami kerugian finansial yang berakhir dengan utang, kehilangan tabungan, hingga harta benda. “Judi online juga nerusak Kesehatan mental. Para pemain judi online sering mengalami gangguan seperti stres, kecemasan, dan depresi karena tidak mampu mengendalikan perilaku mereka,” jelas Dwi Agus Prayitno. Tak hanya judi online yang berbahaya. Pinjaman online menurut ketua DPRD Ponorogo ini juga berbahaya. Apalagi pinjaman online yang tidak diawasi OJK alias ilegal. ” Hampir semua platform pinjaman online akan memberlakukan denda atau bunga tambahan jika pembayaran terlambat. Hal ini dapat membuat total hutang semakin membengkak dan sulit untuk diselesaikan,” jelasnya. (TA)
Halo sobat CMP. Kali ini ane akan mengulas Honda Megapro dari generasi yang paling tua sampek generasi yang paling muda berikut spek2nya. Oke langsung saja cekibrot :
Honda Megapro Hiu (Old Megapro) (versi non double starter 1999-2001) (versi double starter 2002-2005).
Megapro pertama ada pada tahun 1999, megapro merupakan lanjutan dari GL Pro neotech yang masih mengandalkan mesin kaizen dengan kapasitas 156 cc. Mesin megapro dan GL Pro neotech boleh dibilang sama persis dengan perbedaan bodi yang membulat. Untuk megapro hiu mula2 tanpa dilengkapi dengan double stater, namun karena permintaan konsumen akhirnya tahun 2002 muncul honda megapro versi double starter. Berikut adalah gambar dan spesifikasi honda old megapro :
Megapro non double starter
Megapro double starter
Spek mesin: 4-stroke, OHC Cylinder: 1 Kapasitas mesin: 156,7 cc Bore x stroke: 63,5 x 49,7 mm Rasio kompresi: 9,0: 1 Max power: 13,3 hp @ 8500 rpm Max torque: 1,3 kgf.m @ 6500 rpm Pendingin: udara Fuel system: Silinder ventury karbu 24 Pengapian: CDI-DC, battery Battery/accu: 12v-4Ah Busi: ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9 Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5) Kopling: manual, tipe basah, double clutch Starter: kick
Dimensi: Panjang x lebar x tinggi: 2034 x 754 x 1062 mm Jarak sumbu roda: 1281 mm Tinggi jok: 772 mm Jarak ke tanah: 149 mm Cam chain: silent chain (rantai) Kapasitas olie mesin: 0,9 liter Kapasitas tangki: 8.0 liter Konsumsi bbm: 51,4 km per liter @ 50 km/jam Berat: 106 kg Rangka: diamond steel Suspensi: – depan: teleskopik – belakang: swing arm, double shockbreaker Ban: – depan: 2,75-18 – 42P – belakang: 3,00-18 – 47P Rem: – depan: cakram dengan double piston – belakang: drum (tromol)
Megapro primus / Megapro Advance (2006-2009).
Generasi megapro ini merupakan facelift dari megapro hiu dengan bodi yang menyambung di tengah, dan untuk kelistrikan megapro primus menggunakan CDI limiter, beda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan CDI Unlimit, tangki berubah dengan volume yang berkurang dari versi sebelumnya. Honda megapro generasi ini sering disebut dengan megapro primus karena bintang iklannya pada saat itu adalah Primus Yustisio.
Mesin: 4-stroke, SOHC, 1 silinder Diameter x langkah: 63.5 x 49.5 mm Kapasitas mesin (volume langkah): 156.7cc (160) Perbandingan kompresi: 9.0 : 1 Pendingin: udara Max. power: 13.3 ps @ 8500 rpm Max. torsi: 1.3 kgf.m @ 6000 rpm Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5) Kopling: manual, tipe basah dan plat majemuk Battery/ accu: 12V – 5 Ah Pengapian: DC – CDI, Battery Starter: electric dan kick Busi: ND X 24 EP – U9/MGK DP8 EA-9 Tangki bbm: 13,2 liter Berat: – 126 kg, tipe SW – 127 kg, tipe CW Dimensi: Panjang x lebar x tinggi: 2034 x 754 x 1065 mm Jarak sumbu roda: 1281 mm Jarak ke tanah: 149 mm Tinggi jok: 774 mm Rangka: pola berlian (diamod style) Suspensi: – depan: teleskopik – belakang: swing arm, double shockbreaker Ban: – depan: 2.75 – 18 42P – belakang: 3.00 – 18 47P Rem: – depan: cakram hidrolik dengan piston ganda – belakang: tromol
New Megapro (2010-2013).
Tahun 2010 honda mengeluarkan New Megapro sebagai penerus dari honda megapro. Dengan keluarnya honda New Megapro maka mesin kaizen turunan GL Pro 160 cc pensiun dan dikeluarkan mesin baru dengan kode GL15R. Megapro ini merupakan perubahan 100% dari megapro generasi sebelumnya dengan desain yang fresh, Headlamp dengan model baru, tangki dilengkapi dengan shourd yang memanjang, buritan belakang dilengkapi dengan monoshock untuk kestabilan berkendara, dan velg sudah rim 17. Ini sebagai jawaban AHM untuk menepis anggapan bahwa AHM minim inovasi dan cuma ganti baju.
Mesin: 4-stroke, SOHC Kapasitas (volume langkah): 149,2cc (150) Diameter x langkah: 57,3 x 57,8 mm Perbandingan kompresi: 9,5 : 1 Max. power: 13,7 ps @ 8500 rpm Max. torsi: 1,31 kgf.m @ 6500 rpm Pendingin: udara Pengapian: DC – CDI Digital Battery/ accu: MF battery, 12 V – 5 A.h Kopling: manual, multiplate wet clutch Starter: electric dan kick Busi: NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9 Kapasitas olie mesin: 1 liter Tangki bbm: 12,2 liter Berat: – 136 kg (tipe Spoke) – 134 kg (tipe CW) Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5) Dimensi: Panjang x lebar x tinggi: 2.050 x 757 x 1.075 mm Jarak sumbu roda: 1.313 mm Jarak ke tanah: 152 mm Rangka: Rangka: pola berlian (diamond steel) Suspensi: – depan: teleskopik – belakang: tunggal (monoshock) dapat disetel keras dan lembut Ban: – depan: 80/100 – 17 M/C 46P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube) – belakang: 100/90 – 17 M/C 55P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube) Rem: – depan: cakram hidrolik dengan piston ganda – belakang: – tromol (tipe SW) – cakram hidrolik dengan piston tunggal (tipe CW)
Megapro FI (2014-sekarang)
Pada tahun 2014 honda mengeluarkan Megapro FI dengan pengabut bahan bakar sistem fuel injeksi dan desain mengalami perubahan dengan shourd dan bodi yang lebih agresif, desain knalpot berubah, footstep diaplikasikan dengan model menggantung. Menurut spek di atas kertas powernya sedikit menurun karena untuk dapat lolos EURO 3 sehingga kelebihannya adalah ramah lingkungan.
Kapasitas mesin: 149,5 cc (150) Bore x stroke: 57,3 x 57,84 mm Rasio kompresi: 9,5 : 1 Max power: 9,8 kw (13,3 ps) @ 8500 rpm Max torque: 12,3 nm (1,25 kgf.m) @ 6500 rpm Sistem bahan bakar: Fuel Injection (FI) Kopling: manual, multiplate, wet clutch with coil spring Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5) Starter: electric dan kick Perlistrikan: Battery (accu): 12v-3,5Ah Busi: NGK CPR9EA-9 Pengapian: Full Transisterized Dimensi: Panjang x lebar x tinggi: 2052 x 742 x 1079 mm Jarak sumbu roda: 1316 mm Jarak ke tanah: 156 mm Olie mesin: 1,0 liter (penggantian periodik) Tangki bbm: 12,3 liter Berat: 135,5 kg Rangka: diamond Suspensi: – depan: telescopic – belakang: swingarm, monoshock Ban: – depan: 80/100-17 M/C 46P – belakang: 100/90-17 M/C 55P Rem: – depan: disc (cakram) hidraulik, double piston – belakang: disc (cakram) hidraulik, single piston
5. Berani menolak keburukan
Kampanye integritas sangat banyak digemborkan akhir-akhir ini. Menolak keburukan yang disepakati secara sosial bisa menjadi salah satu cara meningkatkan integritas dalam diri. Integritas yang baik akan membangun lingkungan yang positif.
Sudah disadari bersama bahwa sebagai seorang siswa tentu nantinya memiliki beban membangun masyarakat menjadi lebih maju. Keburukan di tengah masyarakat harus berusaha untuk dihilangkan. Alasan ini yang menjadi pemicu bahwa keberanian untuk menolak keburukan bagi seorang siswa harus dimulai sejak dini.
6. Berani mengaku salah
Seseorang akan dianggap hebat ketika menyadari kesalahannya dan berani mengakuinya. Bagi seorang siswa berani mengakui kesalahan harus ditanamkan sejak dini untuk memberikan pelajaran agar senanriasa bertanggungjawab atas segala tindakannya. Terlatih untuk mengakui kesalahan membuat siswa tergerak untuk selalu memperbaiki diri.
Mengakui kesalahan membuat seorang siswa mampu menghargai dirinya sendiri. Tentu kamu akan sebisa mungkin tidak mengulanginya ketika menyadari kesalahanmu. Hal ini membuat kamu menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.
7. Berani bertanggung jawab
Berani bertanggung jawab bagi siswa adalah kemampuan untuk menerima konsekuensi dari tindakan mereka dan melakukan langkah-langkah untuk memperbaiki kesalahan atau masalah yang muncul. Ini melibatkan mengakui kewajiban mereka dan berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam setiap situasi, bahkan jika itu sulit atau menantang.
Sikap ini membantu siswa mengembangkan kemandirian, kepercayaan diri, dan rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan dengan sikap yang positif dan dewasa.
8. Berani memperjuangkan HAM
Berani memperjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM) bagi siswa adalah sikap untuk mengambil tindakan dalam mendukung dan mempertahankan hak-hak dasar setiap individu, seperti hak atas pendidikan, kebebasan berpendapat, dan perlindungan dari diskriminasi.
Hal ini melibatkan kesediaan untuk berdiri di garis depan dalam memperjuangkan keadilan dan kesetaraan bagi semua, serta mengambil peran aktif dalam mengatasi pelanggaran HAM yang terjadi di sekitar mereka. Sikap ini membantu siswa menjadi agen perubahan sosial yang positif dan berkontribusi pada pembentukan masyarakat yang lebih adil dan inklusif.
9. Berani menunjukkan kreatifitas
Berani menunjukkan kreativitas bagi siswa adalah kemampuan untuk mengungkapkan ide-ide baru dan orisinal, serta mengambil risiko dalam menciptakan solusi yang inovatif dalam berbagai konteks pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Ini melibatkan keberanian untuk berpikir di luar kotak, mengeksplorasi gagasan yang tidak konvensional, dan menyampaikan kontribusi unik mereka dengan percaya diri.
Sikap ini membantu siswa mengembangkan keterampilan kreatif, berpikir lateral, dan pemecahan masalah yang kreatif, sambil memperkaya pengalaman belajar mereka dan meningkatkan potensi mereka untuk mencapai kesuksesan di masa depan.
10. Berani memegang teguh prinsip
Berani memegang teguh prinsip bagi siswa adalah kemampuan untuk tetap setia pada nilai-nilai dan keyakinan yang mereka yakini, bahkan ketika dihadapkan pada tekanan atau godaan untuk berubah. Ini melibatkan keteguhan hati dalam menjaga integritas pribadi dan moral, serta keberanian untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai tersebut tanpa kompromi.
Sikap ini membantu siswa membangun karakter yang kuat, mandiri, dan bertanggung jawab, serta membentuk dasar yang kokoh untuk pengambilan keputusan yang etis dan berprinsip di masa depan.
11. Berani mengambil keputusan dalam keadaan apapun
Berani mengambil keputusan dalam keadaan apapun bagi siswa adalah kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dan bertanggung jawab, tanpa terpengaruh oleh tekanan atau ketidakpastian yang mungkin ada. Ini melibatkan keberanian untuk menghadapi konsekuensi dari keputusan yang diambil, serta keyakinan dalam kemampuan mereka untuk melakukan evaluasi yang rasional dan memilih solusi terbaik dalam setiap situasi.
Sikap ini membantu siswa mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang efektif, serta meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk mengatasi tantangan di masa depan.
Red Rake Tech SL is registered under the laws of the European Union member state of Spain.It has registration number B98863053 with registered address at Avenida Cataluña 9, local B, 46020 Valencia, Spain.
Red Rake Tech SL is licensed and regulated by the Malta Gaming Authority and is authorised to provideCritical Gaming Supplies under B2B Licence number MGA/B2B/621/2018 issued on 20/02/2019.
Red Rake Tech SL is licensed and regulated in Great Britain by the Gambling Commissionunder account number 53267
Red Rake Tech SL is licensed and regulated in Greece by the Hellenic Gambling Commissionunder license number HGC-000051-MN
Red Rake Tech SL is commited with the best IT security principles: our policy.
Untuk berpartisipasi dalam kampanye ini, Anda perlu berusia di atas 18 tahun atau atas persetujuan orang tua Anda. Kami berhak menentukan kontribusi mana yang memenuhi syarat untuk kampanye ini. Seorang juri dari departemen pemasaran ASUS akan menentukan ini dan keputusan ASUS bersifat final. Kompetisi ini tidak terbuka untuk karyawan ASUS atau afiliasinya. ASUS memiliki hak eksklusif untuk mengeluarkan peserta dari kompetisi jika kami mencurigai peserta tersebut melanggar aturan kontes, mengancam, atau berusaha mendapatkan keuntungan atau berusaha menyabotase kontes. Hadiah akan dikirim sebelum 30 April 2021. Komentar/video Anda tidak boleh mengandung materi yang dianggap kasar atau menyinggung. Hadiah tidak dapat ditukar dengan uang tunai. Kampanye ini tidak disponsori, direkomendasikan, dikelola, atau berkaitan dengan pihak ketiga. ASUS tidak bertanggung jawab atas kesulitan atau masalah teknis yang dapat memengaruhi partisipasi Anda dalam kampanye. Pihak yang bertanggung jawab terhadap kontes adalah: ASUS GLOBAL PTE. LTD., 15A CHANGI BUSINESS PARK CENTRAL 1, #05-01 EIGHTRIUM @ CHANGI BUSINESS PARK SINGAPORE (486035) Setiap pajak keuntungan akan dibayar oleh pemenang. Hadiah diberikan tanpa garansi atau dukungan apa pun. Informasi pribadi yang diminta (email) hanya digunakan untuk menghubungi pemenang dan akan dihapus setelah kontes selesai.
Pokémon bercerita tentang Ash bersama Pikachu yang berpetualang untuk menjadi petarung terbaik di dunia
Hello Kitty menjadi kartun favorit anak perempuan karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan
Lanjutkan membaca artikel di bawah
Baca Juga: 10 Film Kartun Jaman Dulu, Auto Pengin Balik ke Masa Sekolah